Minggu, 06 April 2014

Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera Lancang Kuning (PPKS Lancang Kuning)

LATAR BELAKANG

Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PUSYANRA) adalah model pelayanan terpadu yang mengedepankan mutu pelayanan prima dan profesional dengan memperhatikan kebutuhan keluarga dan menjangkau semua rentang kehidupan manusia dari balita hingga lansia dengan cara memberikan informasi serta konseling pada hal-hal yang berhubungan dengan kehidupan berkeluarga.
Pelayanan dan informasi itu antaralain adalah informasi tentang kependudukan dan KB, konseling keluarga remaja dan remaja, konseling pranikah dan perkawinan, konseling keluarga balita dan balita, konseling KB dan kesehatan reproduksi, konseling keluarga lansia dan lansia, serta pembinaan usaha ekonomi produktif kelompok UPPKS.

STRATEGI

Sesuai dengan UU 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga pasal 47 yang menyebutkan bahwa pemerintah pusat dan pemerintah daerah menetapkan kebijakan pembangunan keluarga melalui pembinaan ketahanan keluarga dan kesejahteraan keluarga dengan upaya:
  1. Peningkatan kualitas anak.
  2. Peningkatan kualitas remaja.
  3. Peningkatan kualitas hidup lansia.
  4. Pemberdayaan keluarga rentan dengan memberikan perlindungan dan bantuan agar hidup wajar.
  5. Peningkatan kualitas hidup keluarga.
  6. Peningkatan akses dan peluang terhadap penerimaan informasi dan sumber daya ekonomi melalui usaha mikro keluarga.
PELAYANAN

Pelayanan di Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PUSYANRA) Lancang Kuning meliputi:
  1. Pelayanan informasi kependudukan dan KB dengan cara menyediakan data dan informasi Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB) yang bisa diakses oleh pihak-pihak yang berkepentingan seperti mitra kerja dan pemerintah daerah. Dapat juga diakses oleh umum seperti untuk akademisi baik mahasiswa maupun pelajar.
  2. Konseling Pranikah dan Konseling Perkawinan (Married Counseling) yang bertujuan menyiapkan calon pengantin untuk siap secara mental dan emosi menuju bahtera kehidupan berumah tangga dengan menyediakan konselor yang profesional.
  3. Konseling Keluarga Balita dan Balita yang bertujuan untuk menyiapkan orang tua agar mampu membimbing dan mengasuh buah hati secara bijak sesuai dengan tumbuh kembang anak. Konseling ini juga bertujuan untuk membimbing keluarga balita dan balita agar balita tumbuh sesuai dengan impian dan harapan keluarga.
  4. Konseling Remaja dan Remaja yang bertujuan menyiapkan generasi muda menjadi generasi yang cerdas dan bertanggung jawab. Masa remaja adalah masa peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa, dimana pada rentang waktu ini banyak perubahan baik psikis maupun fisik pada remaja yang perlu disikapi dengan bijak agar remaja bisa tumbuh sesuai dengan harapan keluarga, untuk itu perlu disediakan konseling bagi keluarga remaja dan remaja itu sendiri. Di PUSYANRA ini kami menyediakan konselor untuk keluarga remaja maupun remaja itu sendiri.
  5. Konseling KB dan Kesehatan Reproduksi bertujuan memberikan pelayanan kepada klien tentang metode dan cara ber-KB yang sesuai dengan keinginan, kondisi dan kesehatan klien.
  6. Konseling Keluarga Lansia dan Lansia ditujukan kepada keluarga yang mempunyai anggota keluarga yang lansia atau kepada lansia itu sendiri, dengan konseling ini diharapkan keluarga yang mempunyai lansia memiliki strategi dalam memberdayakan lansia dan bagi lansia sendiri juga siap secara fisik maupun psikis menjadi lansia.
  7. Pembinaan Usaha Ekonomi Produktif Kelompok UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera). Pembinaan ini bertujuan untuk memberikan informasi seputar permodalan dan pemasaran agar usaha ekonomi produktif ini terus berkembang dan membawa kesejahteraan bagi para anggotanya.

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda